Eneba

25 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BTN, Tanpa Ribet !

Alamsyah

Lupa PIN ATM BTN

Lupa PIN ATM BTN – PT Bank Tabungan Negara (BTN) sejak awal Juli tahun ini memperkenalkan fitur baru yaitu pin ATM berlupa dengan kode warna tertentu. Fitur ini bertujuan untuk membantu nasabah yang kesulitan mengingat PIN ATM mereka. Namun sayangnya, banyak nasabah yang masih belum terbiasa dengan fitur baru ini dan justru malah membingungkan.

Lupa PIN ATM memang kejadian yang sering dialami oleh nasabah BTN. Menurut data dari BTN, setiap bulannya terdapat rata-rata 6 ribu kasus nasabah yang melaporkan lupa PIN ATM. Maka, dengan adanya fitur baru ini diharapkan bisa mengurangi keluhan tersebut dan memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mengingat PIN ATM mereka.

Namun, tidak semua nasabah BTN merasa nyaman dengan adanya perubahan ini. Sebagian dari mereka justru merasa bingung dan kesulitan menggunakan fitur baru ini. Perlu diketahui bahwa untuk mengaktifkan fitur pin ATM berlupa ini, nasabah harus melakukan beberapa tahapan yang terdapat pada menu ATM BTN.

Memang terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan, namun sebenarnya tidak sulit kok. Nah untuk Anda yang sedang mengalami hal demikian, beriku ini lupapas.com bagai mana Cara Mengatasi Lupa PIN ATM BTN.

Langkah-Langkah Mengatasi Lupa PIN ATM BTN

Langkah Langkah Mengatasi Lupa PIN ATM BTN

Lupa PIN ATM seringkali menjadi masalah yang sangat menjengkelkan, terutama saat kita benar-benar membutuhkan uang dalam waktu yang singkat. Untungnya, mengatasi lupa PIN ATM BTN bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut.

EnebaCPS

1. Memanfaatkan Layanan Internet Banking

Jika Anda lupa dengan PIN ATM tapi masih ingat dengan nomor rekening dan kata sandi internet banking, maka Anda dapat mengambil keuntungan dari layanan ini untuk dapat membuat PIN baru ATM BTN. Pertama-tama, masuk ke situs web resmi Bank BTN dan klik pada opsi internet banking. Kemudian, masukkan nomor rekening, kata sandi internet banking, dan pilih opsi untuk membuat PIN baru ATM. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh situs web dan PIN baru Anda akan berhasil dibuat.

Di situs web akan ditampilkan beberapa pertanyaan keamanan untuk memastikan keaslian identitas pengguna, pertanyaan ini bisa berbeda-beda di tiap orang. Pertanyaan keamanan tersebut antara lain Nama Ibu Kandung, Tanggal Lahir, Nama Saham, Nama Peliharaan, dan lain sebagainya.

2. Menghubungi Call Center Bank BTN

Jika Anda memiliki kendala untuk membuat PIN baru ATM BTN menggunakan Internet banking, maka Anda dapat menghubungi Call Center Bank BTN untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Hubungi nomor Call Center Bank BTN di 1500286 dan minta petunjuk untuk membuat PIN baru ATM BTN. Ada kemungkinan Anda akan diminta untuk mengambil waktu untuk datang ke kantor Bank BTN terdekat untuk memverifikasi identitas Anda dan membuat PIN baru Anda

3. Mengunjungi Kantor Cabang Bank BTN

Jika kedua langkah sebelumnya tidak mungkin ditempuh, maka kunjungi kantor cabang Bank BTN dan ajukan permintaan pembuatan PIN baru Anda. Pastikan Anda telah membawa dokumen identitas yang sah dan rekening bank Anda agar bank bisa melakukan pengecekan identitas Anda dengan lebih mudah. Setelah itu, duduklah di loket dan tunggu hingga pegawai Bank BTN membuatkan PIN baru ATM Anda.

4. Meminta Bantuan Operator Mesin ATM

Jika nomor rekening dan beberapa data lainnya terkait dengan akun ATM BTN Anda tidak diingat sama sekali, maka Anda dapat meminta bantuan operator mesin ATM BTN langsung. Dalam kebanyakan kasus, mesin ATM akan memberikan opsi untuk menghubungi operator untuk bantuan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan informasi pribadi Anda seperti nama lengkap dan nomor KTP serta akan diberikan beberapa pertanyaan keamanan sebagai langkah verifikasi identitas. Jangan lupa untuk memberikan permintaan membuat PIN baru ATM Anda.

Dengan melakukan tindakan ke empat di atas, maka Anda akan berhasil membuat PIN baru ATM BTN dan bisa melakukan transaksi seperti biasa. Pastikan untuk selalu ingat nomor PIN baru ATM Anda dan jangan lupa menyimpannya dengan aman. Sehingga kedepannya Anda tidak perlu lagi melakukan tindakan di atas yang membuang waktu dan bisa transaksi dengan cepat di ATM BTN.

Cara Mengubah PIN ATM BTN yang Lupa

Cara Mengubah PIN ATM BTN yang Lupa

Jika Anda lupa dengan PIN ATM BTN Anda, jangan khawatir karena Anda bisa mengubahnya dengan mudah. Di bawah ini kami akan memandu Anda tentang cara mengubah PIN ATM BTN yang lupa.

1. Temukan Mesin ATM BTN Terdekat

Langkah pertama untuk mengubah PIN ATM BTN yang lupa adalah mencari mesin ATM BTN terdekat. Anda bisa mencarinya melalui website BTN, aplikasi BTN, atau melalui Google Maps. Pastikan Anda memilih mesin ATM BTN yang dapat digunakan untuk mengubah PIN.

2. Masukkan Kartu ATM Anda ke Mesin

Setelah menemukan mesin ATM BTN terdekat, masukkan kartu ATM Anda ke mesin. Selanjutnya, masukkan nomor PIN yang salah sebanyak tiga kali. Setelah itu, mesin ATM akan menampilkan pilihan untuk mengubah PIN.

3. Masukkan Nomor Rekening dan ID Nasabah Anda

Setelah memilih untuk mengubah PIN, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan nomor rekening dan ID nasabah Anda. Pastikan Anda memasukkan nomor yang benar, karena jika tidak mesin ATM tidak akan memproses permintaan Anda.

4. Masukkan Tanggal Lahir Anda

Setelah memasukkan nomor rekening dan ID nasabah, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan tanggal lahir Anda. Pastikan Anda memasukkan tanggal lahir yang benar, jika tidak permintaan Anda akan ditolak oleh mesin ATM.

5. Masukkan PIN Baru Anda

Pada langkah ini, mesin ATM akan meminta Anda untuk memasukkan PIN ATM baru. Pastikan Anda memilih PIN yang mudah diingat, namun sulit ditebak oleh orang lain. Usahakan untuk menggunakan kombinasi angka yang tidak terlalu umum atau tidak terkait dengan data pribadi Anda, seperti tanggal lahir atau nomor telepon.

6. Konfirmasi PIN Baru Anda

Setelah memasukkan PIN baru Anda, mesin ATM akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi kembali PIN tersebut. Pastikan Anda memasukkan PIN yang sama seperti pada langkah sebelumnya, jika tidak Anda harus mengulang kembali proses ini.

Demikianlah langkah-langkah untuk mengubah PIN ATM BTN yang lupa. Jangan lupa untuk menjaga rahasia PIN Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Tips Menghindari Lupa PIN ATM BTN

Tips Menghindari Lupa PIN ATM BTN

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat berusaha untuk mengingat PIN kartu ATM BTN Anda? Hal ini bisa menjadi masalah yang sangat merepotkan dan dapat mengganggu aktivitas keuangan sehari-hari Anda. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari lupa PIN ATM BTN di masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan:

1. Gunakan Nomor yang Mudah Dihafal

Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah lupa PIN ATM BTN adalah dengan menggunakan nomor yang mudah dihafal, seperti tanggal lahir atau kombinasi angka favorit Anda. Pastikan bahwa Anda memilih nomor yang mudah Anda ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

2. Simpan PIN dengan Aman

Penting untuk menyimpan PIN kartu ATM BTN Anda dengan aman. Jangan menggunakan kertas atau catatan di ponsel Anda untuk menyimpan nomor tersebut. Sebaliknya, gunakan metode penyimpanan yang aman, seperti menyimpan nomor tersebut di otak Anda atau menggunakan aplikasi khusus yang dirancang untuk menyimpan informasi sensitif Anda.

Anda juga harus berusaha untuk menjaga kerahasiaan nomor tersebut, dan pastikan tidak mengungkapkan nomor tersebut kepada siapa pun, termasuk keluarga atau teman yang dekat.

3. Buat Cadangan PIN

Jika Anda benar-benar mengalami kesulitan dalam mengingat nomor PIN ATM BTN Anda, Anda dapat membuat cadangan PIN yang dapat Anda gunakan jika Anda benar-benar lupa nomor aslinya. Pastikan untuk menyimpan cadangan PIN Anda dengan aman dan jangan memberitahu orang lain bahwa Anda memilikinya.

Anda juga dapat mengunjungi cabang BTN terdekat dan meminta bantuan dari petugas bank untuk menyetel kembali nomor PIN Anda jika Anda lupa nomor aslinya. Namun, penting untuk diingat bahwa proses ini mungkin membutuhkan waktu dan mengakibatkan penghentian sementara akses ke rekening Anda.

Menjaga nomor PIN kartu ATM BTN Anda aman dan menghindari lupa nomor tersebut dapat membantu memastikan keamanan dan kenyamanan penggunaan kartu ATM Anda. Dengan mengikuti tips sederhana ini, Anda dapat menghindari masalah dalam mengakses dana Anda dan menghemat waktu dan energi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang muncul akibat lupa PIN kartu ATM BTN.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, Lupa Pin dapat menjadi masalah besar bagi para nasabah Bank manapun. Namun, dengan adanya tombol Lupa Pin ATM BTN dapat mempermudah para nasabah dalam melakukan reset PIN secara mandiri tanpa harus berkunjung ke kantor cabang . Namun demikian, tetap diperlukan upaya pencegahan dan pengawasan dari pihak BTN agar mencegah terjadinya kejahatan dunia maya yang dapat merugikan para nasabah.

Dengan memahami cara penggunaan tombol Lupa Pin ATM BTN serta memperhatikan keamanan akun mereka, para nasabah BTN dapat menghindari risiko kehilangan uang akibat ulah pelaku kejahatan. Tentunya, pihak BTN juga perlu memperhatikan keamanan sistem mereka untuk memastikan bahwa nasabah BTN tidak mudah tenggelam dalam dunia kejahatan online.

Sumber Gambar : Bank BTN Website

Bagikan:

Alamsyah

Seorang Blogger aktif yang sekarang ini sudah memiliki website sendiri yaitu lupapas.com. Semoga artikel yang saya informasikan disini bermanfaat untuk para pembaca.
Eneba