Eneba

Kode Error 53 BNI Mobile Banking : Penyebab & Cara Mengatasi

Fian Gozali

Kode Error 53 BNI Mobile Banking Penyebab & Cara Mengatasi

Kode Error 53 BNI Mobile Banking – Selain fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) setiap nasabah BNI juga bisa menggunakan layanan bernama BNI Mobile Banking. Dengan layanan tersebut, nasabah bisa melakukan cek saldo, transfer, bayar tagihan dan berbagai macam transaksi lainnya melalui perangkat smartphone.

Akan tetapi, dalam penggunaan layanan ini terkadang muncul berbagai masalah, diantaranya adalah kode error 53 di BNI Mobile Banking. Gangguan seperti ini hampir pernah dialami oleh setiap pengguna BNI Mobile.

Barangkali disini ada salah dari Anda yang barus pertama kali mengalami kode error 53 BNI Mobile Banking dan belum tahu bagaimana solusinya. Jika demikian, Anda wajib simak artikel ini sampai akhir.

Melalui artikel berikut kami bakal menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mengatasi kode error 53 di BNI Mobile Banking lengkap dengan penyebabnya. Selain itu, kami juga punya informasi terkait tips mencegah terjadinya masalah dalam penggunaan layanan ini.

Kode Error 53 di BNI Mobile Banking

Kode Error 53 di BNI Mobile Banking

Pengetahuan mengenai kode error 53 pada BNI Mobile Banking penting untuk dimiliki oleh para pengguna aplikasi ini. Kode error 53 adalah pesan kesalahan yang muncul saat terjadi kendala atau masalah teknis dalam menggunakan BNI Mobile Banking.

EnebaCPS

Umumnya, masalah ini muncul saat Anda melakukan transfer ke sesama maupun rekening Bank lain lewat BNI Mobile. Error 53 akan muncul di layar dan disertai keterangan “Transaksi tidak dapat dilanjutkan. Silahkan hubungi BNI Call untuk informasi lebih lanjut”

Sama seperti saat lupa password transaksi BNI Mobile atau lupa password Internet Banking BNI, ketika mendapati masalah error 53, Anda jangan dulu menghubungi Call Center BNI. Sebab, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah itu sendiri.

Tapi sebelum kami jelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, lebih dulu Anda perlu tahu bahwa kode error 53 di mBanking BNI juga bisa terjadi karena beberapa faktor lain, seperti :

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Salah satu penyebab umumnya adalah koneksi internet yang tidak stabil. Ketika koneksi internet tidak kuat atau terputus, aplikasi BNI Mobile Banking mungkin tidak dapat mengirim atau menerima data dengan baik, menyebabkan pesan kesalahan ini muncul.

2. BNI Mobile Sedang Maintenance

Selain itu, masalah pada server BNI Mobile Banking juga dapat menjadi penyebab kode error 53. Jika server mengalami gangguan atau downtime, pengguna akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi atau mengakses fitur-fitur di dalam aplikasi.

3. Aplikasi Belum di Update

Terkadang, kode error 53 juga dapat terjadi karena kesalahan konfigurasi pada aplikasi BNI Mobile Banking itu sendiri. Jika ada pembaruan atau peningkatan fitur di dalam aplikasi yang belum kompatibel dengan perangkat atau sistem operasi yang digunakan pengguna, maka kesalahan ini akan muncul.

4. File Cache Menumpuk

Terakhir, semakin sering menggunakan layanan BNI Mobile, maka semakin banyak juga file Cache yang terkumpul. Nah, banyak nya file Cache ini bisa mengundang berbagai masalah dalam penggunaan layanan tersebut, tak terkecuali muncul nya kode error 53.

Cara Mengatasi Kode Error 53

Cara Mengatasi Kode Error 53

Setelah menyimak informasi penyebab, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan tentang cara mengatasi masalah diatas. Jadi, Anda bisa membereskan masalah ini sendiri tanpa bantuan Call Center BNI, dengan cara :

1. Periksa nomor rekening tujuan. Seperti disebutkan diatas bahwa penyebab utama transaksi tidak bisa dilanjutkan alias Error 53 adalah nomor rekening tujuan saat transfer salah. Oleh karena itu, solusinya kalian bisa masukkan ulang rekening tujuan dengan benar.

2. Ganti koneksi internet. Jika pengguna menggunakan koneksi WiFi, dapat mencoba untuk pindah ke jaringan seluler atau sebaliknya. Tapi, kami sarankan sebaiknya pakai koneksi internet dari data seluler, karena lebih stabil.

3. Perbarui aplikasi BNI Mobile Banking. Menggunakan versi terbaru aplikasi dapat membantu mengatasi masalah teknis yang ada, termasuk mengatasi error 53.

4. Update sistem operasi. Selalu pastikan sistem operasi perangkat Anda diperbarui ke versi terbaru untuk memastikan kompatibilitas yang lebih baik dengan aplikasi.

5. Menghapus cache atau data aplikasi BNI Mobile Banking. Error 53 bisa terjadi karena adanya kesalahan data yang disimpan pada cache aplikasi. Dengan menghapus cache, data yang tidak diperlukan akan dihapus dan aplikasi dapat mulai dari awal.

6. Hubungi Call Center BNI. Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih ada, pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan BNI untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Customer service akan membantu pengguna dengan solusi yang sesuai untuk mengatasi masalah yang dialami.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan pengguna dapat berhasil mengatasi kode error 53 di mBanking BNI. Namun, jika masalah terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan panduan yang lebih rinci dan spesifik sesuai dengan situasi yang dihadapi.

Dalam mengatasi masalah teknis, kerjasama antara pengguna dan pihak layanan pelanggan sangat penting untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar dan tanpa hambatan di aplikasi BNI Mobile Banking.

Tips Menghindari Kode Error 53

Tips Menghindari Kode Error 53

Bagi pengguna BNI Mobile Banking, kode error 53 bisa menjadi masalah yang mengganggu. Namun, dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat menghindari masalah ini dan menggunakan aplikasi dengan lancar.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menghindari masalah “53” Transaksi tidak dapat dilanjutkan. Silahkan hubungi BNI Call untuk informasi lebih lanjut di BNI Mobile Banking.

1. Pastikan Memiliki Koneksi Internet yang Stabil

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan kuat sebelum menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking. Koneksi internet yang lemah atau tidak stabil dapat menyebabkan kode error 53 dan mengganggu pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi. Pastikan Anda terhubung ke jaringan yang baik sebelum memulai transaksi dengan melihat indikator kekuatan sinyal internet.

2. Aktifkan Update Otomatis

Untuk menghindari masalah kode error 53, penting untuk selalu memperbarui aplikasi BNI Mobile Banking ke versi terbaru yang tersedia. Perusahaan terus meningkatkan aplikasi mereka dengan memperbaiki bug dan melakukan peningkatan performa. Pembaruan ini seringkali juga mencakup pemecahan masalah yang dapat mengatasi kode error 53. Rutin periksa pembaruan yang tersedia di toko aplikasi dan pastikan Anda menginstal versi terbaru untuk menghindari masalah tersebut.

Jika Anda masih mengalami kode error 53 meskipun sudah menginstal versi terbaru, Anda juga dapat mencoba menghapus aplikasi lama dan menginstal ulang dari awal. Namun, pastikan Anda menyimpan atau mencatat data dan informasi penggunaan yang penting sebelum menghapus aplikasi. Proses ini dapat membantu memperbaiki masalah yang mungkin terjadi akibat kegagalan proses instalasi sebelumnya.

3. Kontak Layanan Pelanggan BNI

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengatasi kode error 53 di BNI Mobile Banking, segera hubungi layanan pelanggan BNI. Mereka memiliki tim yang akan membantu Anda dalam mengidentifikasi masalah yang Anda hadapi dan memberikan solusi yang tepat. Layanan pelanggan BNI dapat dihubungi melalui telepon, email, atau dengan cara mengunjungi cabang terdekat. Jangan ragu untuk menghubungi mereka karena mereka ada di sana untuk membantu Anda.

Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat menghindari kode error 53 di BNI Mobile Banking dan menikmati pengalaman penggunaan aplikasi yang lancar. Pastikan juga Anda selalu mengupdate aplikasi ke versi terbaru dan memiliki koneksi internet yang stabil untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi ini. Jika Anda mengalami masalah lain dalam penggunaan BNI Mobile Banking, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan BNI untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.

Aplikasi Alternatif untuk Mengakses mBanking BNI

Aplikasi Alternatif untuk Mengakses mBanking BNI

Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan layanan BNI Mobile karena satu dan lain hal, maka Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan berikut sebagai alternatif dalam melakukan transaksi :

1. e-Banking BNI

Untuk pengguna mobile banking BNI yang mengalami masalah dengan kode error 53, ada beberapa aplikasi alternatif yang dapat digunakan untuk mengakses layanan BNI. Salah satunya adalah aplikasi e-Banking BNI. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi dan mendapatkan layanan perbankan dengan mudah dan nyaman.

e-Banking BNI menyediakan fitur yang mirip dengan BNI Mobile Banking, termasuk transfer antarbank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan selalu mengunduh versi terbaru dari aplikasi e-Banking BNI untuk menghindari masalah teknis yang mungkin terjadi.

2. ATM BNI

Apabila pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi perbankan melalui smartphone mereka, ada opsi lain untuk mengakses layanan BNI, yaitu melalui mesin ATM BNI. Mesin ATM BNI tersebar di banyak tempat dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi perbankan, sama seperti yang dapat dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

Semua pengguna BNI dapat mengakses layanan ATM BNI dengan menggunakan kartu ATM BNI mereka. Fitur-fitur yang tersedia meliputi penarikan tunai, transfer antar rekening, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi. Mesin ATM BNI sangat mudah digunakan dan tersedia 24 jam.

3. Pelayanan Bank Offline

Jika semua alternatif di atas tidak dapat digunakan atau tidak memadai, pengguna tetap dapat mengunjungi kantor cabang BNI untuk mendapatkan layanan perbankan secara langsung. Meskipun mungkin terasa sedikit merepotkan, pelayanan bank offline tetap menjadi pilihan yang dapat diandalkan saat menghadapi kesulitan dalam mengakses atau menggunakan layanan perbankan secara online.

Dengan datang langsung ke kantor cabang BNI, pengguna dapat berbicara dengan petugas bank yang akan membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Petugas bank akan memberikan solusi atau saran yang tepat sehingga pengguna dapat terus mengakses dan menggunakan layanan perbankan BNI tanpa hambatan.

KESIMPULAN

Jadi, kode error 53 di BNI Mobile Banking ini sebenarnya bisa terjadi karena banyak faktor, seperti masalah teknis atau kesalahan pengguna. Namun, jangan khawatir, Anda bisa mencoba beberapa langkah yang Lupapas.com sajikan diatas untuk mengatasinya seperti memasukkan ulang nomor rekening, memperbarui aplikasi atau menghubungi layanan pelanggan BNI.

sumber gambar :

  • Tim Lupapas.com
  • Channel Youtube Best Tutorial
  • Sequis.co.id
  • Facebook BNI

Bagikan:

Eneba