Dzaki Seorang Blogger aktif yang sekarang ini sudah memiliki website sendiri yaitu lupapas.com. Semoga artikel yang saya informasikan disini bermanfaat untuk para pembaca.

Lupa Password Internet Banking BNI ? Berikut 4 Cara Mengatasinya

Lupa Password Internet Banking BNI

Lupa Password Internet Banking BNI – Di zaman serba digital seperti sekarang ini, transaksi online lebih dipilih banyak orang sebab lebih mudah dan simpel. Demi mendukung aktivitas transaksi online para nasabahnya sejumlah bank di Indonesia mulai meluncurkan layanan internet banking. Salah satu bank yang juga mengambil langkah demikian adalah bank BNI.

Melalui internet banking BNI, nasabah dapat mengontrol aktivitas rekening tabung mulai dari cek saldo, mutasi rekening, transaksi pembayaran atau pembelian hingga transfer ke sesama ataupun antar bank. Internet banking BNI sendiri dapat nasabah akses melalui web, baik lewat desktop ataupun smartphone dan perlu pendaftaran untuk dapat menggunakannya.

Sebagai layanan lalu lintas keuangan online, tentu saja keamanan dan privasi menjadi bagian terpenting dari internet banking BNI. Itulah sebabnya, ketika mendaftar internet banking BNI di bank, nasabah diminta untuk membuat password ataupun PIN. Nah, password atau PIN inilah yang nantinya berperan sebagai pengaman akun rekening online para nasabah.

Dengan kata lain, password akan menjadi akses masuk ke layanan internet banking. Sebagai keamanan akun, tentu saja nasabah akan membuat password kuat dengan kombinasi yang rumit agar tidak diretas (hack) oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Namun itu juga menimbulkan masalah, dimana banyak nasabah lupa dengan password ibank BNI.

Kemungkinan Anda Lupa Password Internet Banking

Kemungkinan Anda Lupa Password Internet Banking

Ada banyak nasabah bank BNI yang melaporkan bahwa mereka kehilangan akses ke internet banking karena lupa password login. Lupa password memang sudah menjadi masalah umum yang sering kali terjadi pada para pengguna platform (aplikasi) atau situs berbasis online dengan akses login.

Kebanyakan nasabah yang mengalami masalah lupa password ialah karena mereka menggunakan password yang terlalu rumit. Memang itu tidak sepenuhnya salah dan tentu memberikan keamanan tingkat tinggi, tapi sebaiknya gunakan password yang kuat namun juga mudah untuk diingat.

Jika memang menggunakan password dengan kombinasi yang rumit, maka disarankan untuk mencatat password atau menggunakan bantuan aplikasi penyimpanan password untuk membantu Anda mengelola kata sandi. Dengan demikian, lupa password bukan lagi masalah besar untuk Anda.

Jika masalah lupa password internet banking BNI karena penggunaan kombinasi terlalu rumit mungkin hal biasa, namun Anda harus mewaspadai jika lupa password dikarenakan ada orang lain yang telah menggantinya. Ini bisa jadi akun internet banking BNI Anda telah diretas oleh orang lain.

Mungkin saja Anda telah mengizinkan orang lain mengakses akun internet banking, atau Anda telah melakukan transaksi di tempat umum yang ramai dan ada orang yang melihat akses login Anda. Yang pasti jika hal itu terjadi, maka Anda harus segera mengatasinya demi keamanan rekening online.

Untung saja, pihak Bank BNI menyediakan opsi pemulihan kata sandi internet banking sehingga Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Lantas, bagaimana cara mengatasi lupa password internet banking BNI? Adapun caranya, simak langsung ulasan mendalam di bawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Internet Banking BNI

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwasanya pihak bank BNI telah menyediakan opsi pemulihan password khusus. Jadi ketika nasabah lupa password internet banking, maka nasabah dapat memulihkan password pada saat itu juga, tanpa harus mendatangi kantor cabang BNI terdekat.

Pemulihan kata sandi internet banking sendiri, sebenarnya sama saja ketika nasabah lupa password transaksi mobile banking BNI. Dimana nasabah dapat mengatasi lupa password secara online tanpa ke bank ataupun meminta bantuan customer service langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

Nasabah juga bisa mengatasi lupa password dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Namun, jika masih bingung dengan cara pemulihan password internet banking BNI yang lupa, maka silahkan ikuti langkah-langkah tutorial cara reset password seperti di bawah ini.

1. Cara Reset Password Internet Banking BNI Online

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi lupa password yaitu dengan mereset password. Sudah kami jelaskan di atas, bahwa pihak bank BNI sendiri telah menyediakan opsi pemulihan kata sandi, sehingga sekarang yang Anda butuhkan hanyalah langkah-langkah untuk melakukannya.

Tidak sulit untuk reset kata sandi internet banking BNI, bahkan ini dapat dilakukan sendiri tanpa perlu ke bank. Nasabah juga bisa reset password lewat HP atau Laptop dengan cara sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan kunjungi laman login internet banking BNI di https://ibank.bni.co.id/.
    klik opsi Lupa Password
  • Kemudian, silahkan klik opsi “Lupa Password” ikon kunci gembok di bagian bawah kolom login.
  • Lalu, Anda akan diarahkan ke halaman modus set password. Disini silahkan pilih opsi “Set Password Online” lalu, klik Lanjutkan.
    opsi Set Password Online
  • Selanjutnya, silahkan masukkan User ID internet banking BNI Anda.
  • Lalu, masukkan kode verifikasi yang tertera. Jika sudah klik Lanjutkan.
    masukkan User ID
  • Setelah itu, silahkan buat password internet banking BNI yang baru. Lalu, klik Lanjutkan.
  • Berikutnya, maka Anda bisa kembali ke menu home dengan menekan tombol “Go To Login Page” dan silahkan login menggunakan password baru.

2. Reset Password Internet Banking BNI Melalui ATM

Selain cara online, nasabah juga dapat melakukan registrasi ulang internet banking BNI melalui ATM BNI untuk mengatasi lupa password. Caranya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Nah, untuk lebih jelas lagi, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kunjungi gerai ATM BNI terdekat.
  • Kemudian, masukan kartu dan PIN ATM BNI Anda.
  • Setelah itu, pilihlah menu Registrasi e-Channel.
  • Lalu, pilih menu BNI Internet Banking.
  • Baca ketentuan yang muncul di layar dan pilih Setuju.
  • Setelah itu, buatlah 6 digit PIN registrasi BNI Internet Banking sesuai keinginan. Jika sudah, pilih Tekan Jika Benar.
  • Lalu, masukkan kembali PIN registrasi BNI Internet Banking yang telah dibuat. Lalu, pilih Tekan Jika Benar.
  • Setelah itu, maka Anda akan menerima kode aplikasi pada struk BNI ATM.

Setelah melakukan registrasi ulang internet banking di ATM BNI, Anda dapat mengakses kembali aplikasi internet banking di https://ibank.bni.co.id/ untuk pembuatan password baru, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Klik opsi “Lupa Password” pada halaman login internet banking BNI.
  • Kemudian, pada pilih “Set Password via ATM” pada halaman modus set password. Lalu, klik Lanjutkan.
    pilih Set Password via ATM
  • Lalu, masukkan kode kode aplikasi yang terdapat pada struk BNI ATM yang diterima ketika proses registrasi ulang di ATM BNI.
    masukkan kode kode aplikasi yang terdapat pada struk BNI ATM
  • Selanjutnya, tinggal masukkan kode verifikasi yang tertera di layar.
  • Setelah itu, masukkan 6 digit PIN registrasi yang telah dibuat saat melakukan proses registrasi ulang di ATM BNI
  • Lalu, klik tombol Lanjutkan.
  • Pada menu berikutnya, silahkan buat password baru sesuai keinginan. Setelah itu, coba login ulang dengan password baru.

3. Hubungi Call Center Bank BNI

3. Hubungi Call Center Bank BNI

Cara lain yang juga bisa nasabah lakukan untuk mengatasi lupa password ibank BNI yaitu menghubungi call center. Nasabah dapat menghubungi call center BNI 1500046 dan sampaikan kepada customer service bahwa Anda lupa dengan password login masuk aplikasi Internet Banking BNI.

Nantinya, pihak customer service akan memberikan solusi kepada Anda untuk mengatasi lupa password. Jadi ikuti arahan dari customer service BNI hingga Anda berhasil mendapatkan password ibank BNI baru.

4. Kunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat

4. Kunjungi Kantor Cabang BNI Terdekat

Selain menghubungi call center, nasabah juga bisa melakukan pemulihan kata sandi internet banking secara langsung ke kantor cabang terdekat. Nantinya, proses pemulihan password akan dibantu customer service BNI.

Nasabah bisa langsung datang ke kantor cabang dengan membawa buku rekening tabungan, kartu ATM dan kartu identitas diri (KTP/SIM) serta smartphone. Kemudian, sampaikan kepada CS BNI bahwa Anda lupa dengan password internet banking. Nantinya CS akan membantu memulihkan password.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa solusi untuk mengatasi lupa password internet banking BNI yang dapat lupapas.com sajikan buat Anda semua. Dengan artikel di atas, maka kini masalah lupa password yang Anda alami dapat diselesaikan dengan segera. Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel di atas membantu Anda mengatasi lupa password Internet Banking BNI.

Dzaki Seorang Blogger aktif yang sekarang ini sudah memiliki website sendiri yaitu lupapas.com. Semoga artikel yang saya informasikan disini bermanfaat untuk para pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.